Rabu, 08 Juni 2011

Filled Under: ,

Seni; Antara Bakat dan Niat Kuat

08.15

Seni: keluar dari apa itu seni beserta tetekbengeknya, (karena sampai saat ini saya belum pernah mendapatkan definisi yang pas). ada bagian yang sangat urgen yakni si Pembuat seni itu sendiri yang sering kita sebut sebagai Seniman.
 
Banyak orang yang berpendapat bahwa seorang seniman adalah orang yang benar-benar terlahir untuk menjadi seorang seniman, atau dengan kata lain kemampuan seninya merupakan bakat alami yang telah dibawa sejak lahir. Akan tetapi beberapa pendapat yang bahkan telah melalui sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa seni itu bisa dipelajari. Faktor bakat memang ada dan memang sangat berpengaruh, tetapi itu hanya untuk mempercepat perkembangannya.

Saya sering berpikir bahwa pendapat yang kedua tadi hanyalah sebuah “kata-kata penghiburan” bagi orang-orang yang dapat dikatakan kurang berbakat tetapi memiliki keinginan kuat dan kerja keras untuk menjadi seorang seniman. Tetapi itu masih pendapat saya saja, belum cukup bukti untuk itu.
Saya pernah membaca buku berjudul “Jenius Kreatif”, saya lupa siapa penulisnya. Disana banyak diulas tentang para jenius seni dari jaman-jaman Renaisans, Barok, Klasik, Modern, juga postmodern. Beberapa diantaranya seperti Micheleangelo, Leonardo Da Vinci, Mozart, Beethoven, Pablo Picasso, Van Gogh. Di sana dikatakan bahwa seni itu dapat dipelajari dengan berbagai metode sistematis yang dibuat berdasarkan cara-cara kerja para seniman besar di atas.
Bagaimana pendapat anda?

0 komentar:

Posting Komentar